Belajar Dalam Membuat Jaringan LAN Komputer

Cara membuat LAN Komputer – Temen-temen sudah tahukan LAN itu apa, sebuah bentuk Jaringan, dilihat singkatannya yang berartikan “Local Area Network” berarti hanya meliputi ruang lingkup kecil saja, seperti menghubungkan komputer satu Ruangan. Tujuannya di buat jaringan secara LAN agar satu komputer dengan komputer lain bisa saling berinteraksi / share, seperti berbagi koneksi internet, berbagi dokumen atau file, serta bisa berbagi menggunakan sebuah hardware secara bersama-sama (Printer – Scanner) .

Membuat sebuah LAN tidak asal colokan kabel kemudian di hubungkan ke kekomputer, namun Dalam  kita membutuhkan kabel khusus dan yaitu kabel UTP ((Unshielded twisted pair)  kabel yang terdapat urutna warna – warna, yang mana warna-warna tersebut kita rangkai sendiri berdasarkan ketetapan yang telah ada sehingga kabel UTP itu dapat digunakan untuk membuat sebuah jaringan LAN. Kenapa digunakan Kabel UTP sebagai penghubungnya??? karena Pada Umumnya saat in komputer telah memiliki NIC .

Jika yang akan kita hubungkan hanya 2 saja, maka yang perlu dilakukan adalah membeli kabel UTP sepanjang jarak komputer, dan merangkainya menjadi Kabel UTP berbasis Cross / Silang, akan tetapi jika komputer itu banyak , seperti di sebuah LAB, maka diperlukan perangkat tambahan yaitu Router / BUS dan Kabel nya di buat dengan type STRAIGHT . sebagai switch yang membantu sebagai konektor. Nah jika semuanya sudah dipersiapkan , (Kabel UTP dan BUS) maka kita lanjutkan ke langkah berikutnya :

Langkah berikutnay yaitu Meng Konfigurasi Alamat IP (Internet Protocol / TCP IP ) Agar dapat saling berkomunikasi , masing – masing komputer harus diberi alamai IP. untuk mengatur IP sehingga LAN dapat terbentuk maka ikutilah langkah berikut :

• Masuk ke Network Connection (Start–>Control Panel –>Network Connection )
• Pilih/dobel klik Local Area Connection
• Dobel klik pada Internet Protocol (TCP / IP)
• Klik Use The following IP address, kemudian isi IP address dan subnet Mask
Misal,
komputer1 IP Address : 192.168.0.1
komputer2 IP Address : 192.168.0.2
komputer3 IP Address : 192.168.0.3
komputer4 IP Address : 192.168.0.4
dst..
Subnet Mask harus sama : 255.255.255.0

Untuk mengetahui berhasil tidaknya koneksi lakukan perintah ping dari komputer satu ke komputer lainnya
Misal dari komputer1 ke komputer2 :
• Di Komputer1 : Klik Start –>Klik Run–>ketik CMD –> klik OK, maka akan tampil Command Prompt
• Ketik ping 192.168.0.2 tekan enter
harus ada Reply dari komputer2
•Lakukan perintah yang sama untuk mengetahui koneksi ke komputer yang lainnya.

Selesai sudah LAN yang kita buat… Em ternyata cukup mudah ya, yang paling perlu di perhatikan yaitu dalam merangkai kabel UTP jagan sampai salah. dari aya cukup sekian , semog dapat bermanfat. :)

Recomendasikan ke G+ Anda :



Komentar Disini

wido says:

lagi belajar LAN ma WAN nich…

Penulis says:

@wido: sipp thanks

wido says:

sip sip sip oke

Recomendasikan ke G+ Anda :

kirim artikel